Makalah Laporan Penelitian Pertumbuhan Sawi Hijau


    BAB I
    PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
  Sawi (Brassica chinensis L) merupakan salah satu jenis sayur yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Konsumennya mulai dari kalangan bawah sampai kalangan atas. Ada beberapa jenis sawi yaitu sawi putih,sawi hijau dan sawi puma.
 Di Indonesia sendiri banyak sekali jenis masakan yang menggunakan daun sawi, baik sebagai bahan pokok maupun bahan pelengkap. Pertumbuhan sawi dipengaruhi oleh cahaya. Sawi hijau mempunyai   batang yang pendek, dan daun yang lebar. Sawi pada umumnya berdaun halus dan tak berbulu. Sawi memiliki banyak serat dengan vitamin dan mineral. Sawi hijau juga dapat mencegah kanker.
1.2 Masalah
masalah dalam penelitian kali ini adalah sering hujan sehingga susah mendapat cahaya matahari.
1.3 Tujuan Penelitian
   Tujuan dari percobaan ini adalah membuktikan bahwa faktor matahari dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman sawi.
1.4 Manfaat Penelitian
   Manfaat dari penelitian ini antara lain dapat mengetahui efek dari faktor sinar matahari pada tumbuhan sawi.
1.5 Dasar Teori
  Menghitung berapa cepat sawi tumbuh jika selalu terkena sinar matahari dan tanah yang selalu lembab.
1.6 Hipotesis
 Sawi hijau kemungkinan dapat tumbuh dengan baik dan optimal apabila disimpan di tempat yang cukup cahaya matahari dan pada ruangan dengan suhu memadai. Dan pada faktor air, apabila tersedia air murni yang cukup, kemungkinan tanaman sawi hijau dapat tumbuh lebih subur daripada yang diberi air yang diberi campuran zat kimia lain.
1.7 Tempat dan Waktu Penelitian
  Saya menanam tanaman sawi di pollybag yang di letakkan di halaman rumah saya. Saya mulai menanam tanggal 17 Januari 2016.


BAB II

TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Sawi Hijau
Klasifikasi Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Dilleniidae
Ordo: Capparales
Famili: Brassicaceae (suku sawi-sawian)
      Genus: Brassica
Spesies: Brassica rapa var. parachinensis L.

Sawi hijau merupakan jenis sayuran yang sudah tidak asing lagi dan sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tanaman yang memiliki nama latin Brassica sinensis L. ini termasuk dalam keluarga Brassicaceae. Ada dua jenis sawi yang pada umumnya dibudidayakan, yaitu sawi hijau dan sawi putih. Di samping itu, juga terdapat sawi yang jarang dibudidayakan, seperti sawi keriting, sawi huma, dan sawi monumen.
Sawi hijau mempunyai batang pendek dengan daun lebar, tak bersayap, dan berwarna hijau keputih-putihan. Sedangkan, sawi putih berbatang pendek, berdaun lebar dengan warna hijau tua, bertangkai halus dan panhang, serta bersayap. Sawi hijau termasuk sayuran yang mempunyai sedikit kalori, tapi mempunyai serat tinggi dengan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.
  Khasiat sawi sebenarnya sudah banyak disadari oleh masyarakat. Namun, mereka belum tahu bagaimana cara mengolah sayuran dengan baik, sehingga khasiat yang dimiliki oleh sawi hilang. Sebelum mengonsumsi, cuci daun sawi di dalam semangkuk air dingin secara berulang sampai tidak ada pasir atau kotoran di dalam air. Saat mengolah sawi, usahakan selalu memakai api besar sehingga suhu panas tidak mengeluarkan banyak air, sehingga tidak banyak sulfur yang larut dan tetap renyah. Jangan terlalu lama mengolah atau merebus sawi karena daun sawi terlalu lunak dan aroma sulfur terlalu tajam.
Senyawa glukosinolat yang terkandung di dalam sawi bersifat mudah Iarut dalam air. Oleh karena itu, memasak sawi sebaiknya dikukus atau ditumis. Namun, apabila terpaksa harus direbus, sebaiknya jangan menggunakan air terlalu banyak dan usahakan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Akan tetapi, lebih baik lagi apabila sawi baru dimasukan setelah air mendidih



BAB III
METODE PENELITIAN
3.1 Alat dan Bahan
Di sini saya memakai:
~alat:*polly bag
          *sekop kecil untuk mengambil tanah
~bahan:*tanah
             *kotoran hewan yang sudah hancur sbg pupuk
             *bibit sawi
3.2 Cara Kerja
  Setiap pagi hari saya meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari dari jam 6 pagi sampai 9.30 pagi,lalu pidahkan ke tempat yang tidak terlalu panas .Lalu disiram jika tanahnya kering.
3.3 Analisis Data
No
Jumlah Hari
Tinggi Tanaman
Keterangan
Pencahayaan Matahari
1
14 Hari
5cm
Tumbuh 3 daun
Cukup
2
28Hari
8cm
Terdapat 4 daun
Kurang Maksimal
3
42 Hari
12cm
3 daun dimakan tikus
Kurang Maksimal
4
56 Hari
15cm
Tumbuh 3 daun
Cukup
5
70 Hari
20cm
Terdapat 7 daun
Cukup
1. Dari tanggal 15-31 Januari, dengan cahaya matahari yg cukup menyebabkan tumbuhan bertumbuh dengan cepat
2. Dari tanggal 31 Januari- 14 Februari, tanaman kurang mendapatkan cahaya matahari karena sering terjadi hujan, sehingga pertumbuhan terhambat
3. Dari tanggal 14-28 Februari, tanaman kurang          mendapatkan cahaya matahari, sehingga pertumbuhannya terhambat.
4. Dari tanggal 28 Febuari-13 Maret, tanaman mendapat cahaya matahari yang cukup.
5. Dari tanggal 13-27 Maret, tanaman mendapat cahaya matahari yang cukup, sehingga pertumbuhannya cepat.



BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1 HASIL
Hasil dari pengamatan sawi selama 70 hari adalah, tanaman sawi  tumbuh hingga 20cm dan ada 7 daun. Rata-rata pertumbuhan sawi per2minggu dan perminggu menurut pengamatan saya adalah 20cm : 5 = 4cm/2minggu dan
20cm : 10 = 2cm/minggu
4.2 PEMBAHASAN
Sawi akan tumbuh dengan cepat, dengan cara mendapatkan cahaya matahari yang maksimal dan tanah yang tidak boleh kering. Jika tanah kering sawi akan layu, tetapi jika belum terlalu layu dan kita segera siram, sawi akan tetap tumbuh, tetapi daun yang layu tetap layu, lalu tumbuh daun baru


BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 KESIMPULAN
Faktor sinar matahari dan tanah yang selalu lembab ternyata sangat berpengaruh pada pertumbuhan sawi.
5.2 SARAN
Saran saya, jika ingin menanam sawi dan mendapatkan hasil yang memuaskan diharapkan supaya tanaman selalu terkena matahari, tanahnya tidak boleh kering dan siram tanaman saat sore hari, karena jika di siram pada pagi atau siang hari ,air itu menguap akhirnya tanah akan menjadi kering lagi sehingga tanaman tidak menyerap air itu.

END 

3 komentar

My Instagram

@aisyahn92